Iklan

Keraton Surya Negara, Kabupaten Sanggau, Kalbar akan menghelat Festival Budaya Faradje' Pesaka Negeri ke - XVI Tahun 2024, pada 18-21 September 2024.

mega-berita.com
Selasa, 03 September 2024 | 08.07 WIB Last Updated 2024-09-03T01:07:50Z

Mega-Berita.com   Sanggau-Rangkaian kegiatan ini, akan berlangsung di lingkungan atau kawasan Keraton Surya Negara Sanggau, terletak di bilangan Jalan Pangeran Mas, Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Sanggau.

Sejatinya, momen ini bukan hanya digelar aneka pertunjukan budaya semata. Namun, yang tak kalah pentingnya dilaksanakan ritual membersih negeri atau yang disebut Parajek Pesaka Negeri tersebut.
Hal ini dipercayai para leluhur terdahulu bisa menjauhkan wilayah Kabupaten Sanggau dari mara bahaya dan petaka.

Terlepas dari itu, untuk mengetahui progres persiapan kepanitiaan, telah dilaksanakan rapat, Minggu (1/9/2024) yang beragendakan pembahasan kesiapan dan persiapan koordinator masing-masing.
Rapat ini dipimpin Ketua Panitia Festival Paradjek Pesaka Negeri ke - XVI Tahun 2024, Shopiar Juliansyah. Momen ini dihadiri Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si, Ratu Suri Keraton Surya Negara, Hj Sri Rahmawati, Ketua MABM Sanggau, Budi Darmawan S Tp, MM, H, Syafriansyah serta sejumlah unsur kepanitiaan lainnya.

"Silakan para koordinator kegiatan menyampaikan saran dan pendapat, terkait persiapan dan kendala di lapangan. Kita diskusi, bagaimana rangkaian kegiatan ini berjalan lancar dan sukses," ujar pria yang akrab disapa Cecep ini.
Senada disampaikan Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si, yang mengingatkan hari pelaksanaan Festival Parajek ini, hanya menyisakan waktu lebih sedikit dua pekan. Tentunya, segala persiapan mesti matang. Sehingga pelaksanaan sukses, seperti tahun - tahun sebelumnya.

"Ya, waktu kita semakin mepet. Mari kita kebut semua persiapan, masing-masing koordinator. Dan jangan lupa, selalu berkoordinasi satu sama lainnya," ingatnya.
Sementara, Ketua MABM Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan S Tp, MM mengatakan pihaknya mendukung persiapan hingga pelaksanaan nantinya.

Selanjutnya, dalam rapat tersebut dilaksanakan dialog terkait dengan persiapan masing-masing koordinator kegiatan. Dan yang intinya persiapan sudah menunjukan progres yang signifikan.
Diketahui, Festival Parajek Pesaka Negeri ini merupakan satu-satunya Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kabupaten Sanggau yang masuk dalam calendar of event .

Harapannya, momen ini mampu menjadi daya tarik bagi para turis lokal dan manca negara seperti dari Malaysia, Brunei, dan Filiphina, agar mau bertandang ke Kabupaten Sanggau.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keraton Surya Negara, Kabupaten Sanggau, Kalbar akan menghelat Festival Budaya Faradje' Pesaka Negeri ke - XVI Tahun 2024, pada 18-21 September 2024.

Trending Now

Iklan