Iklan

Persiapan Hadapi Pilkada Kalbar 2024, Polda Kalbar Bersama TNI dan Satpol PP Provinsi Kalbar Laksanakan Latihan Simulasi Sispamkota

mega-berita.com
Kamis, 15 Agustus 2024 | 18.08 WIB Last Updated 2024-08-17T11:49:12Z

Mega-Berita.com    Pontianak, Polda Kalbar_ Guna menghadapi tahapan Pilkada Kalbar 2024 yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus ini, Polda Kalbar bersama TNI dan Satpol PP Provinsi Kalbar laksanakan latihan Simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) yang dilaksanakan di Alun-alun Kapuas Pontianak. (Kamis/16/8/2024

Dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Kalbar Kombes Pol Irwan Jaya S.I.K sebagai Dirlat Sispamkota dan didampingi oleh Karo OPS Polda Kalbar Kombes Pol Asep Saepudin S.I.K, Polda Kalbar mengerahkan sebanyak 30 unit kendaraan Taktis Roda dua maupun Roda Empat. Selain itu juga dikerahkan sebanyak 532 orang Personel Polda Kalbar, 20 orang Personil TNI dari Kodam Tanjungpura XII, dan 39 orang Personel Satpol PP Provinsi Kalbar dalam latihan simulasi tersebut.

Membuka kegiatan latihan simulasi Sispamkota, Karo OPS Polda Kalbar Kombes Pol Asep Saepudin S.I.K, memberikan arahan kepada para Personel yang terlibat agar melaksanakan kegiatan latihan ini dengan sungguh-sungguh.

"Dalam tahapan Pilkada ini yang paling krusial adalah masa kampanye yang berlangsung selama 60 hari, untuk itu kita harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapinya."

"Untuk satgas Polda dapat saja pada hari pelaksanaanya nanti bergeser atau bermanuver ke daerah-daerah yang dianggap rawan dan membutuhkan pengamanan tambahan. Jadi latihan ini merupakan gambaran kita di dalam pelaksanaan tugas nantinya di lapangan."

"Saya berharap rekan-rekan semuanya melaksanakan latihan ini dengan serius agar nantinya apabila menghadapi situasi di lapangan tidak lagi bingung dan ada gambaran untuk bagaimana cara bertindak yang baik dan benar. Lebih baik bermandikan keringat, dari pada bermandikan darah." Ungkap Kombes Pol Asep Saepudin S.I.K.

Selanjutnya Dansat Brimob Polda Kalbar Kombes Pol Irwan Jaya S.I.K memberikan arahan guna pelaksanaan latihan Simulasi Sispamkota guna menghadapi Pilkada Kalbar 2024.

"Saya berikan gambarannya kepada rekan-rekan, nanti dalam pelaksanaan simulasi Pengamanan yang akan dilaksanakan di tempat ini, walaupun para Pimpinan Forkopimda, baik dari Pimpinan Polri, Pimpinan TNI, maupun Pimpinan Daerah tidak menyaksikan secara langsung di tempat ini, tetapi mereka menyaksikan langsung melalui Command Center."

"Terkait dengan simulasi, saya mengingatkan kepada rekan- sekalian, bahwa kegiatan simulasi ini pada prinsipnya Legal dan syah. Semua tindakan-tindakan yang dilaksanakan itu berdasarkan Undang-undang, berdasarkan Peraturan Kapolri, berdasarkan Peraturan Panglima TNI, berdasarkan Peraturan Mendagri sampai ke tahap SOP."

"Tetapi pada pelaksanaan peragaannya nanti, karena ini ditampilkan dan ditonton oleh khalayak ramai dan akan menjadi pusat perhatian, selain ada legalitasnya tetapi harus juga ada unsur keindahannya dan nilai seninya."

"Hal ini berbeda dengan pelaksanaannya nanti ketika berada lapangan. Pada pelaksanaan nanti di lapangan, keindahan dan seninya kita kesampingkan. Yang terpenting semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar."

"Kegiatan latihan Simulasi Sistem pengamanan kota ini dilaksanakan selama lebih dua hari, yaitu pada hari ini dan besok." Ungkap Dansat Brimob.

Menutup kegiatan latihan Sispamkota, Dansat Brimob Polda Kalbar berpesan agar semua Personel yang terlibat tetap menjaga kekompakan dan menjaga keselamatannya agar nantinya semua dapat berjalan dengan lancar.

"Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semua karena telah melaksanakan latihan hari ini dengan bersungguh-sungguh. Sampai ketemu lagi di esok hari, tetap jaga kekompakan dan utamakan keselamatan." Pungkas Dansat Brimob Polda Kalbar.

Salam Hormat kami
Humas Polda Kalbar

Wassalammualaikum Wr.Wb

Siaran Pers Nomor : 203 / VIII / HUM.6.1.1. / 2024 / Bidhumas

Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M.
Kabidhumas Polda Kalbar

Email: bidhumaspoldakb@gmail.com
Twitter : @BidhumasKalbar
FB : Bidhumas Polda Kalbar
IG : @humaspoldakalbar
YouTube : Humas Polda Kalbar



...
BUDI ARDANI

Publish

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persiapan Hadapi Pilkada Kalbar 2024, Polda Kalbar Bersama TNI dan Satpol PP Provinsi Kalbar Laksanakan Latihan Simulasi Sispamkota

Trending Now

Iklan