Iklan

Lamban !! Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Jembatan Sungai Pembunuh, Warga Ramai-Ramai Buat Jembatan Darurat Untuk Antisipasi Banjir

mega-berita.com
Jumat, 05 Januari 2024 | 21.07 WIB Last Updated 2024-01-05T14:07:14Z
Mega-Berita.com   Sintang, - Masih lekat diingatan Aksi Solidaritas Warga Kampong Seberang yang dilaksanakan pada 28 Oktober 2023 lalu, yang menghasilkan sebuah kesepakatan terkait dengan perbaikan Jembatan Sungai Pembunuh di Kelurahan KKI Kecamatan Sintang,


Dalam kesepakatan bersama warga kampong seberang, Pemda Daerah Tk II Sintang berjanji akan segera merealisasikan perbaikan Jembatan Sungai Pembunuh paling lambat di bulan Desember 2023.

Namun pada kenyataanya, Janji yang ditandatangani bersama diatas kertas dengan materai, disertai Anggaran 10 Milyar yang digembar-gemborkan untuk perbaikan beberapa jembatan yang rusak akibat bencana banjir, yang katanya sudah pada titik penandatanganan MOU bersama BNPB pusat, seakan-akan hanya pemanis belaka.

Dalam pelaksanaan terkesan lamban dan bertele-tele, jembatan alternatif yang baru di bangun kini seakan-akan tak berdaya, dikala curah hujan yang cukup deras beberapa-berapa hari terakhir, telah merendam separuh jalan laksamana diva, menghantarkan banjir yang siap melumpuhkan aktivitas warga di Kelurahan Mekar Jaya dan Kelurahan Kapuas Kiri Hilir.

Ditengarai akibat banyaknya faktor dan beberapa kendala utama, entah itu proses tender dan lain sebagainya, Pemda Sintang sepertinya tidak mampu mengantisipasi musibah akibat bencana yang pada prinsipnya mengancam jiwa keselamatan manusia dan kerugian materil lainya.

Seharusnya Pemda Sintang punya sedikit urat malu ketika melihat warganya yang merupakan konstituen dan memiliki predikat sebagai pendukung loyalitas pemerintahan yang sedang berkuasa, berjibaku dengan persoalan pelik yang tidak habis-habisnya.

Patut pula menjadi pertanyaan apakah Pemda Sintang kehabisan akal, serta sumber dana talangan, sungguh diluar nalar bila persoalan tersebut bisa terjadi, seolah-olah Pemda Sintang tak punya relasi, untuk mengantisipasi keluhan warga hampir 3 tahun lamanya.

Cecep Kamaruddin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lamban !! Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Jembatan Sungai Pembunuh, Warga Ramai-Ramai Buat Jembatan Darurat Untuk Antisipasi Banjir

Iklan