Iklan

Wabah Rabies Meraja Lela, Kartimia Minta Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Serius !!

mega-berita.com
Kamis, 08 Juni 2023 | 21.34 WIB Last Updated 2023-06-08T14:34:38Z
Mega-Berita.com   Meningkatnya masyarakat yang menjadi korban serta meninggal akibat dari gejala rabies, mendapat perhatian dan sorotan dari salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang.

Saat di temui awak media Legislator wanita yang memiliki nama lengkap Kartimia Mawarni dari fraksi partai Nasdem, Dapil Sintang 2 ( Kecamatan Binjai, Ketungau Hilir, Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu ) meminta dengan telah di keluarkannya status tanggap darurat menandakan bahwa pemerintah Kabupaten Sintang melalui OPD terkait harus serius menangani wabah penyakit rabies. 

Dirinya juga mengharapkan petugas-petugas dari OPD terkait segera terjun kelapangan karena wabah rabies sudah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat Kabupaten Sintang. 

Himbauan juga saya sampaikan kepada warga yang memiliki anjing peliharaan untuk segera memberikan Vaksin dan kepada perangkat Desa baik itu Kadus Kades Ketua BPD agar lebih proaktif lagi memberikan Edukasi tentang bahayanya Rabies. 

" Kalau bisa anjing - anjing liar yang terpapar Rabies segera dimusnahkan saja jangan sampai semakin banyak yang menjadi korban hingga berakibat fatal, " Pintanya.

Dikutip dari Halodoc " ada 5 jenis vaksin yang biasa digunakan, yaitu: Vaksin DP (Distemper dan parvo), Vaksin PiBr (Parainfluenza dan Bordetella), Vaksin DHLP I (Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvo), Vaksin DHLP II + R ( Vaksin DHLP dan Rabies), dan Booster Rabies,” jelas drh.

Gejala rabies pada manusia pada tahap awalnya adalah timbul demam, lemas, lesu, tidak nafsu makan atau anorexia, insomnia, sakit kepala hebat, sakit tenggorokan dan sering ditemukan nyeri.

Setelah itu, terjadi rasa kesemutan atau rasa panas (parestesi) di lokasi gigitan, cemas dan mulai timbul fobia yaitu hidrofobia, aerofobia, fotofobia sebelum meninggal dunia.

"Jadi tata laksana pada orang yang sudah masuk ke gejala rabies yang berat itu mereka harus dilakukan isolasi di rumah sakit di ruang yang gelap karena mereka takut dengan cahaya,"




Ck
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabah Rabies Meraja Lela, Kartimia Minta Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Serius !!

Iklan