Iklan

Permintaan Heri Jambri pada PT BHA 2

Rabu, 01 Juni 2022 | 22.35 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang terus membahas masalah antara Koperasi Bina Tani Sejahtera (BTS) dan Koperasi Bina Tani Mandiri (BTM) yang bermitra dengan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari Hartono Plantation Indonesia (HPI Grup). Masalah tersebut dibahas oleh komisi D DPRD Sintang.

Seperti diketahui PT BHA 2 ini beroperasi di wilayah Kecamatan Ketungau Hilir dan Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang. Dalam proses pola kemitraan, dua koperasi ini mempertanyakan selisih lahan pada perusahaan yang berujung dibahas dewan.

Menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Heri Jambri, dalam menyelesaikan polemik selisih lahan plasma dengan HPI, ada beberapa hal yang menjadi masalah. Salah satunya adalah data soal lahan plasma yang ada di PT BHA 2, khususnya di Kecamatan Ketungau Hilir. Berapa total kebun plasma, kita tidak tahu. Berapa total Hak Guna Usaha (HGU) yang ada di Kecamatan Ketungau Hilir. Kemudian berapa luas yang ditanam dari semua lahan yang ada

Karena memang selama ini yang saya ketahui bahwa akad kredit penilaiannya dilakuan oleh Dinas Perkebunan, tidak melalui konsultan. Selama ini biasanya seperti itu. Dengan adanya hal ini, tentu pemerintah tidak akan membunuh rakyatnya.

“Misalnya ketika Pemda menyatakan bahwa kebun tertentu layak diakad kredit, sementara lokasinya tidak menghasilkan apa-apa, kalau kondisi seperti ini tentu saja masyarakat suruh menanggung hutang,” sambungnya.

Oleh karena itu, penting dijelaskan berapa jumlah yang sudah ditanam di wilayah PT BHA 2. Kemudian berapa luas HGU-nya. Berapa ganti rugi tanam tumbuh (GRTT). Sehingga kita bisa menghitung bersama-sama. Ini yang harus dijawab HPI maupun Dinas Pertanian dan Perkebunan Sintang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Heri Jambri kemudian meminta pihak perusahaan memberikan masyarakat kebun plasma yang menghasilkan. Pemberian plasma tersebut tentunya sesuai pola kemitraan yang sudah disepakati.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Permintaan Heri Jambri pada PT BHA 2

Trending Now

Iklan