Iklan

Perkembangan Pembangunan Border Sintang

Sabtu, 25 Juni 2022 | 22.24 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Provinsi Kalimantan Barat mempunyai lima kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Diantaranya Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang. Mirisnya dari lima kabupaten di Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia sudah dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN), di Kabupaten Sintang justru dalam tahap pembangunan.

Seperti diketahui di Kabupaten Sambas sudah dibangun PLBN Aruk. Di Kabupaten Bengkayang sudah dibangun PLBN Jagoi Babang. Di Kabupaten Sanggau sudah dibangun PLBN Entikong. Sementara di Kabupaten Kapuas Hulu dibangun PLBN Nanga Badau. Untuk di Kabupaten Sintang rencananya PLBN akan dibangun di Desa Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu yang berbatasan dengan Serawak, Malaysia.

Menurut Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri saat ini pemerintah pusat sedang membangun infrastruktur pendukung PLBN Sungai Kelik. Salah satunya membangun jalan paralel perbatasan. Maupun membangun jalan penghubung ke bakal lokasi pembangunan PLBN Sungai Kelik. Namun, fisik PLBN Sungai Kelik hingga sekarang belum berdiri.

“Yang saya lihat, kita di Indonesia kan sudah sangat gencar membangun infastruktur di Desa Sungai Kelik Kecataman Ketungau Hulu. Bahkan jembatan sudah selesai dikerjakan oleh Indonesia. Kemudian pembangunan jalan menuju perbatasan seperti yang kita lihat di lapangan memang sudah sangat luar biasa dari Indonesia. Cuma posisi di malaysia tidak ada gerak sama sekali. Bahkan berdasarkan informasi yang didapatkannya, Malaysia ingin titik nol ada di Batu Lintang. Lokasi tersebut dari titik nol Sungai Kelik sekitar 30-an kilometer, jadi sangat jauh,” ungkapnya.

“Ketika menghadiri kegiatan di Merakai belum lama ini, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Kalimantan Barat mengatakan bahwa sampai saat ini juga belum ada persetujuan resmi dari pemerintah Malaysia khususnya negara bagian Serawak terkait titik nol di Sungai Kelik. Justu yang Serawak sudah setujui lokasinya di Batu Lintang,” katanya.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkembangan Pembangunan Border Sintang

Iklan