Iklan

Kebun Inti dan Plasma Harus Sama-sama Dirawat

Rabu, 01 Juni 2022 | 23.12 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita
– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nekodimus mengingatkan agar perusahaan memperlakukan sama kebun inti dan kebun plasma.

Hal itu disampaikan Nekodimus saat rapat membahas polemik antara koperasi petani plasma dengan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari Grup Hartono Plantation Indonesia (HPI Grup) yang beroperasi di Kecamatan Ketungau Tengah dan Kecamatan Ketungau Hilir.

“Saya mengingatkan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari Grup Hartono Plantation Indonesia (HPI Grup) agar memperlakukan sama kebun inti dan kebun plasma. Jangan sampai plasma diberikan lahan yang tidak layak. Kebun inti dan kebun plasma harus mendapat perlakuan sama, itulah namanya kemitraan. Perlakuan sama bisa terkait dengan pemeliharaan kebun, pemupukan, perawatan dan lain sebagainya. Kalau itu tidak dilakukan atau diperlakukan berbeda antara inti dan plasma, itu namanya diskriminasi, bukan mitra. Mitra itu posisinya sejajar dan diperlakukan sama,” tegas Anggota Komisi D dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nekodimus menambahkan, kalau kebun plasma tidak dipelihara dengan baik namun kebun inti dirawat dengan baik, petani plasma boleh menuntut. Karena semua kewenangan maupun keuangan untuk merawat kebun ada pada mereka perusahaan. Jangan sampai mau diperlakukan berbeda antara kebun inti dan plasma.

“Oleh karena itu masalah ini harus menjadi catatan pihak perusahaan perkebunan. Jangan hanya kebun inti saja yang dirawat, dipelihara dengan baik. Kebun plasma malah tidak dirawat. Apabila kebun plasma dirawat dengan baik pihak perusahaan, tidak akan terjadi masalah di lapangan. Tidak ada ribut, Pak. Pasti tidak ribut. Keributan yang terjadi karena plasma tidak dirawat. Hasil tidak ada. Hutang bertambah, masyarakat petani plasma menderita,” katanya.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kebun Inti dan Plasma Harus Sama-sama Dirawat

Iklan