Iklan

Kata Rudy Soal Pembangunan Serawai-Ambalau

Jumat, 10 Juni 2022 | 23.39 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com – 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Rudy Andreas tidak henti-hentinya meminta pemerintah memperbaiki infratsruktur di Kecamatan Serawai dan Kecamatan Serawai khususnya yang menjadi daerah pemilihannya (dapil). Ia juga meminta pemerintah membangun dan memperbaiki infrastruktur di Kabupaten Sintang.

Ia mengatakan, berkaitan dengan pembangunan inftrastruktur pendidikan, Rudy mengungkapkan bahwa tahun lalu cukup banyak program pembangunan yang masuk ke Serawai dan Ambalau dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Ada proyek rehap sekolah maupun rumah dinas guru. Tapi semuanya belum maksimal, sehingga kita terus mendorong pemerintah daerah, bupati, untuk tetap memikirkan dengan serius tentang kondisi sekolah maupun rumah dinas di Serawai dan Ambalau.

Rudy mengakui, berada di perhuluan Sungai Melawi, Serawai dan Ambalau merupakan dua kecamatan paling terisolir di Kabupaten Sintang. Dua kecamatan paling selatan ini sangat mengharapkan pembangunan infrastruktur dasar seperti akses jalan yang layak. Karena sebagian besar mobilitas ke desa-desa masih mengandalkan jalur sungai.

“Oleh karena itu mohon agar anggaran pembangunan diperhatikan oleh pemerintah. Memang seperti yang diketahui bersama, dua kecamatan terisolir adalah Serawai-Ambalau. Infrastrukturnya masih sangat memprihatinkan. Khususnya, infrastruktur dasar seperti jalan jembatan maupun sarana publik lainnya. Karena akses jalan darat dari Sintang menuju Serawai mengalami kerusakan, masyarakat terpaksa memilih jalan memutar melalui Kabupaten Melawi. Kondisi ini sudah berlangsung cukup lama dan sangat mempengaruhi waktu perjalanan, juga biaya yang harus dikeluarkan,” kata Rudy.

Selain itu, warga yang ingin pergi ke Nanga Serawai juga masih mengandalkan jalur sungai menggunakan speedboat dengan ongkos yang cukup besar. Bisa dari kota Sintang. Atau dari Nanga Pinoh, ibukota Kabupaten Melawi. Jika P akses Sintang-Serawai bisa melalui jalur darat. Lainnya halnya akses dari Serawai menuju Ambalau yang mengandalkan jalur sungai.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kata Rudy Soal Pembangunan Serawai-Ambalau

Iklan