Iklan

Jeffray Hadiri Deklerasi ODF Desa Mensiku

Selasa, 21 Juni 2022 | 18.23 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Desa Mensiku, Kecamatan Binjai Hilir, Kabupaten Sintang, melakukan deklerasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) poin 1-3 serta deklerasi Ofen Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembangan, Senin (20/6/2022).

Dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ada lima pilar penting yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan menggunakan sabun, menjaga makanan dan minuman, pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sintang Jarot Winarno, jajaran Organisasi Perangkat Daerah, masyarakat Mensiku serta Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward.

Ketika tiba di halaman sepakbola setempat untuk melakukan acara deklerasi, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward didaulat oleh Bupati Sintang untuk memotong ompong.

“Saya sangat mengapresiasi Desa Mensiku yang telah bebas dari ODF dan melaksanakan deklerasi pada hari ini. Sebagai putra daerah dari Kecamatan Binjai Hulu, ia mengaku senang karena banyak desa sudah bebas ODF, kecuali Desa Ampar Bedang. Capaian Desa Mensiku yang kini bebas ODF tentu hasil kerja bersama. Baik itu jajaran pemerintah, Wahana Visi Indonesia maupun masyarakat setempat,” katanya.

“Untuk mewujudkan desa bebas ODF yang merupakan bagian dari pilar Sanitasi Lokal Berbasis Masyarakat (STBM), haruslah dimulai dari kesadaran pribadi masing-masing. Kesadaran itu tentunya berkaitan dengan keinginan hidup sehat yang harus didukung lingkungan yang bersih. Agar semua itu tercapai harus dimulai dari kita sendiri,” tegasnya.

Jeffray berharap dengan adanya kesadaran Sanitasi Lokal Berbasis Masyarakat (STBM) yang memuat lima pilar, kehidupan masyarakat Desa Mensiku kedepan semakin sehat. Harapan kita semua, hidup sehat, tidak ada stanting atau kerdil. Kalau kita menjalani pola hidup sehat dengan lingkungan yang sehat, saya yakin kualitas masyarakat juga akan meningkat pula,” katanya.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jeffray Hadiri Deklerasi ODF Desa Mensiku

Iklan