Iklan

Dukung Penanganan Stunting Sintang

Selasa, 21 Juni 2022 | 18.33 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung upaya pencegahan stunting atau kerdil di Kabupaten Sintang. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah adalah mendorong desa-desa melaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang memuat lima pilar.

Untuk merealisasikan semua pilar Sanititasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) memerlukan kerjasama atau sinergi semua pihak. Mulai dari desa, Puskesmas setempat, pemerintah daerah serta masyarakat itu sendiri.

“Sebagai anggota DPRD Sintang tentunya saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif dibidang kesehatan. Termasuk program Sanititasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ODF seperti ini. Program ini tentunya sangat penting untuk mencegah stanting. Sehingga kedepan Sintang menghasilkan generasi-genarasi yang berkualitas,” kata Jeffray yang merupakan politisi PDI Perjuangan ini,.

“Program Sanititasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua. Karena lima pilar STBM mengedepankan hidup bersih dan sehat yang dimulai dari rumah masing-masing hingga sekitar. Lima pilar STBM ini sederhana saja, tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan menggunakan sabun, menjaga makanan dan minuman, pengelolaan sampah rumah tangga dan penhelolaan yang baik terhadap limbah rumah tangga. Laksanakan lima pilar. Memang memerlukan kerja keras bersama semua pihak. Semoga keberhasilan Desa Mensiku menjadi desa ODF bisa jadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Sintang. Harapan saya desa-desa yang lain bisa mengikuti apa yang sudah dideklerasikan pada hari ini,” harap Jeffray.

Desa Mensiku adalah desa ke sepuluh di Kecamatan Binjai Hulu yang dinyatakan bebas Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Di Kecamatan Binjai Hulu total ada 11 desa. 10 desa diantaranya sudah mencapai status ODF. Yakni Binjau Hulu, Binjai Hilir, Dak Jaya, Telaga Satu, Telaga Dua, Simba Raya, Sungai Risap, Sungai Risap Mensiku Bersatu, Empaka Kebiau Raya dan Mensiku.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Penanganan Stunting Sintang

Trending Now

Iklan