Iklan

Dewan Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Sabtu, 18 Juni 2022 | 18.01 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi mengajak semua pihak memaknai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022. Salah satunya dengan berpartisipasi aktif menjaga lingkungan.

Ia mengatakan, salah satu upaya menjaga lingkungan bisa dimulai dari lingkup kecil dulu. Contohnya dari kesadaran pribadi dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Perilaku tidak membuang sampah sembarangan harus kita mulai dari kita pribadi. Dengan adanya kesadaran itu otomatis kita telah berperan menjaga lingkungan sekitar kita dari sampah,” ujarnya.

Ketua Fraksi Partai Kebangkita Bangsa (PKB) DPRD Sintang ini mengakui bahwa mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan memang tidak mudah. Terlebih mudah sekali ditemukan banyak perilaku oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan di tempat publik, meskipun tempat sampahnya sudah disediakan.

“Makanya melalui momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mari kita menjaga lingkungan kita dengan perilaku yang menjunjung tinggi kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya seperti yang saya katakan tadi. Mulai dari diri pribadi dulu, kalau bisa mengajak komunitas untuk berpartisipasi menjaga lingkungan atau membersihkan sampah-sampah di ruang publik tentu lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri acara penanaman 1000 pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 yang mengusung tema "Satu Bumi Untuk Masa Depan" di Halaman Posyandu Desa Tanjung Balai, Kecamatan Sepauk, Kamis, 16 Juni 2022.

Pada kesempatan tersebut Bupati menandatangani peta Rimba Piangan dan menyerahkan SK kepada ketua pengelola Rimba Piangan Desa Tanjung Balai, serta penanaman secara simbolis bibit pohon tebelian di area Posyandu Desa Tanjung Balai tempat dilangsungnya kegiatan oleh Bupati.

Bupati Sintang, pada kesempatan tersebut mengatakan, moment hari lingkungan hidup sedunia ini merupakan langkah untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. "Jadi bumi harus kita jaga, satu bumi untuk masa depan anak cucu kita"ucap Jarot dalam sambutannya.

Jarot mengingat masyarakat setempat, silakan bagi ingin menaman sawit, karet dan tanaman potensial lainnya. Seperti sawit contohnya, memanga harganya cukup menjanjikan, namun kata dia, jangan semua di tanami sawit, harus juga dikembangankan tanaman yang lain demi menjaga hutan agar tetap lestari alamnnya.

"Hutannya kita jaga buat generasi kedepan, tidak boleh untuk ngejek atau kerja emas, harus dijaga karena didalam hutan ada kayu-kayu besar, bajakah, kerangas, damar, rotan, madu kelulut, binatang-binatang dan lainnya, itu harus kita jaga,"pesan Jarot.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dewan Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Iklan