Iklan

Bahas Tahapan Pilkades Serentak

Jumat, 10 Juni 2022 | 23.32 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa memimpin rapat dengan pemerintah Kabupaten Sintang dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD).

Rapat yang berlangsung di ruang paripurna DPRD Sintang membahas tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Sintang. Sebelumnya Sintang sudah melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak satu tahun lalu dengan jumlah peserta 287 desa.

Menurut Santosa, dalam rapat tersebut diputuskan Pilkades serentak se-Kabupaten Sintang dilaksanakan 18 Oktober 2022. “Berdasarkan hasil rapat, jadwal Pilkades serentak sudah final, yakni hari Selasa tanggal 18 Oktober 2022 yang diikuti 72 desa. Desa yang melaksanakan Pilkades serentak tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Sintang,” bebernya.

Ia mengatakan, tahapan Pilkades serentak dimulai tanggal 12 Juni 2022 hingga 20 Juni 2022. Rentang waktu itu adalah pengumuman tahapan Pilkades serentak. Nantinya BPD akan membentuk panitia Pilkades di wilayah masing-masing. Dan per hari ini, mereka sudah boleh memulai membentuk panitia Pilkades tersebut sambil menunggu tahapan-tahapan yang sudah dijadwalkan. Semoga pelaksanaan Pilkades serentak se-Kabupaten Sintang berjalan lancar sesuai dengan tahapan. Dan  tentunya sesuai juga dengan apa yang kita inginkan bersama.

Ia mengatakan, saat pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 lalu yang diikuti 287 desa, Sintang menjadi kabupaten terbaik pertama dalam penyelenggaraan. Reward itu diberikan oleh pemerintah pusat. Meski mendapatkan reward, tidak bisa jadi tolak ukur bahwa permasalahan desa tidak ada. Makanya potensi ini harus diminimalisir dengan melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan pengalamanan tahun-tahun sebelumnya. Itu harus kita perbaiki bersama dengan panitia tingkat kabupaten.

“Untuk dukungan anggaran pelaksanaan Pilkadas serentak, Santosa memastikan sudah dialokasikan oleh pemerintah,” kata legislator dari daerah pemilihan (dapil) Kayan Hulu dan Kayan Hilir ini.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bahas Tahapan Pilkades Serentak

Trending Now

Iklan