Iklan

Yakin Tak Ribut Jika Plasma Dirawat

Senin, 30 Mei 2022 | 21.12 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Di Kabupaten Sintang, permasalahan investasi antara masyarakat, petani plasma dengan investor perusahaan perkebunan kelapa sawit kerap kali terjadi. Baru-baru ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menerima keluhan petani plasma dari Kecamatan Ketungau Tengah dan Kecamatan Ketungau Hilir dengan PT Buana Hijau Abadi 2 (PT BHA 2).

Permasalahan tersebut muncul karena petani yang tergabung dalam koperasi mitra perkebunan kepala sawit tidak puas dengan hasil yang diperoleh. Karena sudahlah dibebankan ke petani untuk membayar kredit ke bank, terjadi selisih data lahan plasma antara yang dimiliki petani dengan perusahaan yang sudah diagunkan ke bank. Belum lagi masalah kebun plasma yang tidak dirawat sehingga hasil panen tidak maksimal selama bertahun-tahun kedua belah pihak bermitra.

Dengan adanya kondisi tersebut, saat rapat kerja dengan PT Buana Hijau Abadi 2 (PT BHA 2), Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang melontarkan banyak kritik pada perusahaan. Salah satunya terkait lahan plasma yang tidak dirawat dengan baik sehingga menimbulkan keluhan petani.

“Saya yakin, jika kebun plasma dirawat dengan baik, tak ada ribut-ribut di masyarakat yang memprotes masalah ini. Karena faktanya, kebun yang tidak dirawat tersebutlah masyarakat mempermasalahkannya,” kata Nekodimus, anggota Komisi D DPRD Sintang.

Seharusnya, kata Nekodimus, dalam konsep kemitraan antara perusahaan perkebunan dengan petani kelapa sawit, tidak boleh ada perbedaan perlakukan. Terutama terkait perawatan kebun inti dan kebun plasma. Semuanya harus diperlakukan sama.

“Jangan sampai mentang-mentang kebun plasma itu milik masyarakat, perusahaan tidak merawat dengan baik. Tapi kebun inti dipelihara dengan baik. Seharusnya dalam pola kemitraan, kebun inti dan kebun plasma diperlakukan sama. Itulah yang namanya mitra,” tegas politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Sintang ini.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yakin Tak Ribut Jika Plasma Dirawat

Iklan