Iklan

Upacara HUT Kota Sintang Meriah, Peserta Gunakan Pakaian Adat Nusantara.

mega-berita.com
Selasa, 10 Mei 2022 | 22.51 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z

 


Mega-Berita.com   Sintang,Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan upacara Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Selasa, 10 Mei 2022. Upacara terasa meriah karena seluruh peserta upacara kecuali Anggota Forkopimda, menggunakan pakaian adat nusantara. 


Upacara diawali dengan perarakan Sultan Sintang Pangeran Prabu Kesuma Negara VI Pangeran Raden Barry Danu Brata Perdana didampingi permaisuri yang membawa replica Burung Garuda memasuki Halaman Kantor Bupati Sintang. 

Bupati Sintang yang bertindak sebagai Inspektur Upacara juga tampak menggunakan pakaian kombinasi Melayu dan Dayak yang disimbolkan dengan penggunaan Tajak dan Rompi Kain Tenun Ikat Dayak. 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah tampak anggun dengan menggunakan pakaian adat Dayak, begitu juga  pejabat eselon II, III dan Staf di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, serta para peserta upacara lainnya. 

Para pelajar, mahasiswa dan 17 paguyuban etnis yang ada di Kabupaten Sintang juga hadir mengikuti upacara dengan menggunakan pakaian adat mereka masing-masing.
 
Pemerintah Kabupaten Sintang sejak jauh hari sudah mengisyaratkan agar peserta upacara menggunakan pakaian adat nusantara bagi peserta upacara dan bagi seluruh aparatur sipil negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. 

Pemkab Sintang ingin terus mengingat dan merawat warisan yang telah diberikan oleh figur Jubair Irawan I yang bercita-cita menyatukan perbedaan melalui simbolisasi pertemuan alur sungai kapuas dan sungai melawi yang arusnya saling bertentangan.
 
Masing-masing peserta upacara tampak anggun dan gagah menggunakan pakaian adat nusantara. Pemkab Sintang ingin slogan Sintang Rumah Besar Bersama selalu dijaga.
 
Poin penting yang ada dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 11 Tahun 2015 tentang Hari Jadi Kota Sintang dibacakan dengan lantang oleh Igor Nugroho Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah yang juga Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022 mengajak seluruh elemen masyarakat, siapa saja untuk bersama-sama membangun sintang yang kita cintai ini supaya terus maju dan berkembang.

Usai upacara, Bupati Sintang memotong tumpeng dan membagikannya kepada Sultan Sintang Pangeran Prabu Kesuma Negara VI Pangeran Raden Barry Danu Brata Perdana. Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang menyerahkan piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia kepada Bupati Sintang.(H.P).



Budi/Humas Pemda
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upacara HUT Kota Sintang Meriah, Peserta Gunakan Pakaian Adat Nusantara.

Trending Now

Iklan