Iklan

Petani Sawit Keluhkan Turunnya Harga CPO

Jumat, 27 Mei 2022 | 19.10 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
–Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nekodimus mengatakan bahwa dirinya menerima banyak sekali keluhan dari petani sawit mandiri mengenai harga CPO turun setelah kebijakan larangan ekspor diberlakukan.

Ia mengatakan, yang dikeluhkan petani sawit mandiri bukan harga TBS turun. Tetapi juga banyaknya TBS petani yang tidak dibeli pabrik. Contohnya, perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Cahaya Unggul Prima (PT CUP) di daerah Ketungau tidak lagi membeli TBS petani sejak pemerintah menetapkan larangan eksor CPO belum lama ini.

Kebijakan itu, kata Nekodimus, sekarang ini dampaknya luar biasa bagi petani. Saat ini petani sawit betul-betul sangat menderita. Bagaimana tidak, di Sintang, TBS per kilogram di tingkat petani harga belinya bervariasi. Ada yang Rp 2 ribuan. Ada juga yang Rp 2.300.

Makanya, ketika ada pabrik yang sama sekali tidak membeli TBS petani mandiri hal ini tentu jadi persoalan. Kalau pabrik tidak mau beli TBS lagi, gimana penghidupan petani sekarang? Mau makan apa. Petani juga tidak bisa panen karena tidak ada pembeli. Petani yang berada di sekitar wilayah PT CUP tidak bisa menjual TBS satu bulan ini.

Niko mengatakan bahwa petani meminta semua pabrik tutup jika masih saja tidak membeli TBS mereka. Petani dalam beberapa hari ini telepon dirinya. Petani bilang, kalau sampai dalam waktu seminggu kedepan TBS petani tidak juga dibeli, semua pabrik diminta tutup. Petani juga mempertanyakan ke pemerintah baik itu Bupati Sintang maupun Gubernur Kalbar, terkait sanksi ke perusahaan yang menolak membeli TBS petani.

“Seharusnya perusahaan patuh pada harga sawit sudah ditetapkan pemerintah. Jika melanggar seharusnya ada sanksinya. Supaya pabrik tidak semena-mena. Ketika perlu buah, mereka minta ke petani. Saat kondisi susah, tidak mau menolang petani,” ujarnya.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Petani Sawit Keluhkan Turunnya Harga CPO

Trending Now

Iklan