Iklan

Perusahaan Perkebunan Harus Berdayakan Masyarakat

Selasa, 31 Mei 2022 | 16.52 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sintang, Markus Jembari mengimbau perusahaan perkebunan yang berinvestasi di Bumi Senentang agar selalu memberdayakan masyarakat. Upaya memberdayakan masyarakat yang dilakukan tentunya dengan sesuai dengan kapasitas mereka masyarakat itu sendiri.

“Perusahaan perkebunan sawit harus selalu memberdayakan masyarakat. Apalagi sistem investasi di Kabupaten Sintang sebagian besar memakai konsep kemitraan,” katanya.

Pemberdayaan masyarakat itu, kata politisi dari Dapil Tebelian Binjau Hulu dan Kelam Permai ini, haruslah menyentuh masyarakat di sekitar area investasi. Baik itu dengan memberi lapangan pekerjaan maupun memperbaiki pendekatan personal ke masyakat. Jangan sampai hubungan perusahaan dan masyarakat tidak harmonis, pembagian plasma tidak jelas serta banyak masalah-masalah lain di lapangan.

“Makanya pemberdaya masyarakat ini penting agar mereka merasakan adanya konsep mitra dengan hadirnya perusahaan perkebunan di suatu daerah itu,” ucap politisi Partai Demokrat ini.

Yang tak kalah penting, tegas Markus, perusahaan harus melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial pada masyarakat. Mengingat, CSR sudah diamanahkan Undang Undang. Jika tidak dilaksanakan tentu akan ada sanksi.

“Program CSR untuk masyarakat kan bisa bermacam-macam. Contoh membaiki jalan, renovasi rumah ibadah seperti masjid maupun gereja, membantu perbaikan sekolah atau beasiswa pendidikan serta banyak kegiatan sosial lainnya,” kata Markus.

“Saat pandemi COVID-19 lalu dan musibah banjir besar melanda Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu, ada perusahaan yang memberikan bantuan untuk masyarakat. Ini sangat kita apresiasi ya karena masyarakat banyak sekali terdampak. saat pandemi masyarakat terdampa terutama dari sisi penghasilan atau ekonomi. Saat banjir semuanya serba susah. Kedepan, mudah-mudahan perusahaan selalu peduli dan peka dengan kondisi sekitar. Sehingga kehadiran perusahaan tak hanya melulu mengejar profit, tapi juga peduli dengan lingkungan sosial,” pungkasnya.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perusahaan Perkebunan Harus Berdayakan Masyarakat

Trending Now

Iklan