Iklan

Komisi D Gelar Raker Bahas Permasalahan Petani Plasma dengan HPI

Senin, 30 Mei 2022 | 15.15 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Zulherman memimpin rapat kerja (raker) Komisi D DPRD membahas permasalahan petani plasma dengan perusahaan perkebunan kepala sawit PT Hartono Plantation Indonesia (HPI Group), Senin 30 Mei 2022 di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Sintang.

Raker dihadiri Tim Pembina Pembangunan Perkebunan Kabupaten ( TP3K ) Kabupaten Sintang , Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Sintang , Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sintang, PT Hartono Plantation Indonesia ( HPI GROUP), Camat Ketungau Hilir, Camat Ketungau Tengah, Kapolsek Ketungau Hilir, Kapolsek Ketungau Tengah, Kepala Desa Tirta Karya, Kepala Desa Mungguk Lawang, Kepala Desa Pampang Luah, Kepala Desa Mungguk Kelapa, Kepala Desa Sungai Mali, Kepala Desa Sungai Maung , Ketua Koperasi Bina Tani Sejahtera ( BTS ), Ketua Koperasi Bina Tani Mandiri ( BTM ) dan pihak Bank Mandiri dari Jakarta.

Wakil Ketua II DPRD Sintang, Heri Jambri yang hadir dikesempatan itu bersama anggota Komisi D lainnya diantaranya Toni, Markus Jembari, Nekodimus, Agustinus serta Wakil Ketua DPRD Sintang Heri Jambri.

Dikesempatan itu, politisi Partai Hanura ini mempertanyakan banyak hal yang tidak disampaikan terkait data soal lahan plasma yang ada di PT BHA 2, khususnya di Kecamatan Ketungau Hilir. Begitu juga berapa total Hak Guna Usaha (HGU) yang ada di Kecamatan Ketungau Hilir.

Heri Jambri juga ingin mengetahui berapa luas yang ditanam dari semua lahan yang ada. Data ganti rugi tanam tumbuh (GRTT) tanam tumbuh juga dipertanyakan. “Kami minta perusahaan transparan dan jujur terkait data. Kami juga minta dinas terkait menyampaikan data yang dimaksud pada kami jika perusahaan sudah melaporkannya,” pinta Heri Jambri.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komisi D Gelar Raker Bahas Permasalahan Petani Plasma dengan HPI

Trending Now

Iklan