Iklan

Ketua DPRD Sintang: Banyak Masalah Perkebunan

Jumat, 27 Mei 2022 | 20.00 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Florensius Ronny mengatakan setelah melakukan kunjungan ke lapangan kesimpulannya banyak masalah di Julong yang mesti jadi perhatian.

Salah satu masalah di Julong adalah berkaitan dengan lahan. Menurut politisi muda Partai Nasdem ini, banyak lahan tidak diserahkan oleh masyarakat, namun tetap digarap oleh perusahaan. Bahkan lahan-lahan yang digarap tersebut memiliki sertifikat, kemudian ada tanah yayasan.

Masalah lainnya, adalah kepastian atau jaminan bagi para pekerja di perusahaan. Contoh, ada yang magang lebih dari 6 bulan tidak jadi karyawan tetap.

“Mungkin hari ini contohnya di Julong. Dan ini akan jadi atensi kita di DPRD agar seluruh perusahaan di Kabupaten Sintang memerhatikan pekerja. Karena tidak menutup kemungkinan terjadi di daerah-daerah lain,” ucapnya. 

Ronny menuturkan, kedepan pihak akan mendorong agar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, agar aktif memberikan edukasi pada seluruh ketua koperasi. Karena banyak hal yang perlu diedukasi, baik itu terkait perbankan maupun manajemen pemeliharaan kebun plasma.

“Tujuannya untuk untuk peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU). Kemudian, masalah tenaga kerja dan banyak hal lainnya,” katanya.

Terkait desakan membentuk Pansus perkebunan. Rony menegaskan tidak menutup kemungkinan semua perusahaan di-Pansuskan.

“Dan hal ini pasti jadi perhatian kami di DPRD Sintang. Kemudian, hasil kunjungan ini akan kita rapatkan bersama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Nantinya, akan keluar rekomendasi dari DPRD supaya Julong memperbaiki hal-hal tersebut,” kata Ronny.

Ia juga meminta masyarakat bersabar dan menyerahkan permasalahan yang telah disampaikan ke legislatif. Ronny juga memastikan aspirasi masyarakat akan ditindaklanjuti dan diperjuangkan masyarakat. Mengingat, dewan adalalah representasi dari masyarakat yang telah memilihnya melalui pemilu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua DPRD Sintang: Banyak Masalah Perkebunan

Trending Now

Iklan