Iklan

Dewan Akan Evaluasi Bulanan Terkait Rekomendasi yang Dikeluarkan

Sabtu, 28 Mei 2022 | 20.24 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan bahwa, dewan akan melakukan evaluasi bulanan terhadap rekomendasi yang telah dikeluarkan pada masyarakat terkait investasi PT Julong yang dikeluhkan masyarakat.

“DPRD Sintang akan melakukan evaluasi bulanan terkait rekomendasi yang sudah dikeluarkan,” katanya.

Selain itu, kata dia, rekomendasi yang dikeluarkan adalah agar pemerintah daerah memfaslitasi penyelesaian sengketa hak tanah di Pengadilan Negeri Sintang atas nama Meradi dan Yayasan Agape. Kedua, PT Julong melakukan perbaikan kebun plasma yang tidak terawat.

Selanjutnya, merekomendasikan pada Bupati Sintang agar PT Julong mentaati dan memerhatikan segala peraturan Undang Undang tenaga kerja. Poin lainnya, perusahan memberikan/menginformasikan/mengedarkan fotocopy MoU kepada seluruh ketua koperasi yang ada di Tebelian untuk dipelajari dan dipahami koperasi.

Kemudian, kata Ronny, DPRD Sintang merekomendasikan pada Bupati agar menyempurnakan Perbup 39 tentang Tanah Kas Desa (TKD). PT Julong juga harus memprioritaskan tenaga kerja setempat sesuai kemampuan dan keterampilannya.

Terkait HPI bermasalah agar diselesaikan melalui tim yang dibentuk Pemda. Poin rekomedasi ke delapan, agar PT Julong lebih terbuka berkomunikasi dan berbagi informasi dengan masyarakat melalui Humas.

Politisi Nasdem ini menambahkan, DPRD Sintang merekomendasikan agar masyarakat melakukan langkah sesuai mekanisme dalam menuntut keadilan/aspirasi, sehingga tidak terjadi permsalahan yang baru.

Konsultan Komunikasi PT Julong, Fathan Sembiring mengatakan, DPRD Sintang dalam rekomendasinya menekankan pengambilan peran secara proporsional oleh Pemda maupun oleh Julong Group Indonesia area Sintang. 

Ia menyatakan, perusahaan menyambut baik rekomendasi yang telah dibuat oleh DPRD Kabupaten Sintang. Julong Group Indonesia area Sintang mengapresiasi DPRD Kabupaten Sintang yang telah berkenan menjadi tempat mediasi dan konsultasi bagi perusahaan dan akhirnya dapat memberikan rekomendasi dalam proses penyelesaian. 10 rekomendasi  tersebut membuat perusahan merasa lebih percaya diri untuk kembali melanjutkan operasionalisasi kebun dan pabrik yang sempat terhenti.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dewan Akan Evaluasi Bulanan Terkait Rekomendasi yang Dikeluarkan

Trending Now

Iklan