Iklan

Bersyukur Presiden Bolehkan Ekspor CPO Lagi

Senin, 30 Mei 2022 | 01.49 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Polemik kelangkaan dan meroketnya harga minyak goreng di dalam negeri  yang terjadi cukup lama menimbulkan banyak keluhan di masyarakat. Tak ingin tinggal diam, pemerintah kemudian mengambil kebijakan yang cukup ekstrim dengan melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan produk turunannya.

Niat melarang ekspor CPO dan produk turunnya agar harga minyak goreng normal kembali ternyata tidak sesuai harapan pemerintah. Malah kebijakan tersebut menimbulkan masalah baru. Yakni sulitnya petani menjual tandan buah segar. Bahkan tidak sedikit petani tidak bisa menjual sama sekali tandan buah segar ke pabrik selama larangan ekspor belum dicabut. Karena pihak pabrik kelapa sawit lebih memprioritaskan buah inti serta alasan menumpuknya CPO.

Makanya, ketika Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memperbolehkan kembali ekspor CPO, asosiasi petani kelapa sawit sangat senang. Begitu juga para petani mandiri di Kabupaten Sintang yang banyak menggantungkan ekonominya dari sektor perkebunan kelapa sawit swadaya tersebut.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny menyatakan bahwa dirinya sangat bersyukur Presiden Joko Widodo memperbolehkan lagi ekspor CPO. Ia berharap dengan dicabutnya ekspor CPO dan produk turunannya tersebut, harga tandan buah segar atau TBS yang sempat anjlok bahkan tidak dibeli pabrik, bisa merangkak naik. Khususnya di Kabupaten Sintang, di mana banyak masyarakat yang menjadi petani sawit dan sangat terdampak kebijakan itu.

“Di Sintang banyak sekali petani kelapa sawit yang tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Sintang. Ketika harga anjlok, banyak sekali yang terdampak dengan adanya kebijakan itu. Mudah-mudahan kedepan harga TBS di Sintang naik lagi sehingga ekonomi Sintang kembali menggeliat. Saat harga TBS anjlok banyak sekali petani kelapa sawit mandiri yang mengeluhkan kondisi itu. Semoga kebijakan larangan ekspor CPO tidak berubah lagi kedepan, agar petani Sintang sejahtera,” ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersyukur Presiden Bolehkan Ekspor CPO Lagi

Iklan