Iklan

PANGKOARMADA I PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN DAN APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA LATIHAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN DI LAUT (SAR) KOARMADA I TAHUN 2022.

mega-berita.com
Senin, 07 Maret 2022 | 14.51 WIB Last Updated 2022-08-29T13:11:16Z

 


Mega-Berita.com   TNI AL – Lantamal XII : Dalam rangka Pembukaan dan Apel Gelar Pasukan Latihan Pencarian dan Penyelamatan di Laut (SAR) Koarmada I Tahun 2022 yang dilaksanakan, Senin (07/03/2022)  pukul 08.45 WIB – 09.30 WIB bertempat di Dermaga Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak,  dimana Pangkoarmada 1 Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. bertindak sebagai inspektur upacara dan dan Komandan Tim Intel Lantamal XII Letkol Laut (P) Suryadi Permana, S.E., M.Tr. Hanla, sebagai Komandan Upacara.  

Dalam Upacara tersebut Pangkoaramada I melakukan pemeriksaan pasukan yang semua unsur terlibat dalam upacara tersebut secara keseluruhan, baik kesiapan personel dan material kemudian menyampaikan pernyataan resmi dimulainya Latihan Pencarian dan  Penyelamatan di Laut (SAR) TA 2022 Koarmada I,  kemudian penyematan tanda peserta latihan yang diwakili oleh Dansatrol Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, SE, M.Tr.Hanla., M.M., dan Danpuslatpasrat KolatArmada I Letkol Marinir Hendra.

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh 1 Regu Korsik Lantamal XII, 1 Tim Puspenerbal, 1 SST Lantamal XII, 1 SST Yonmarhanlan XII, 1 SST Ditpolair Polda Kalbar, 1 SST Barsanas Kalbar, 1 SST BNPB Kalbar, dan 1 SST PSDKP Kalbar.  Sedangkan Unsur Pendukung yang ikut dalam gelar KRI Kapitan Pattimura-371, KRI Siribua-859, Kal Lemukutan I-12-15, Kapal Basarnas RB 214 serta Ti Pendukung kesehatan terdiri dari 1 Tim Dokkes Bhayangkara Kalbar,  dan  1 Tim Dinas Kesehatan Prov. Kalbar, serta 1 Tim Diskes Lantamal XII,  dilaksanankan dengan tujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan personel dan materiil, sebelum manuver lapangan dilaksanakan. 

hal ini penting, untuk memberikan keyakinan kepada saya, selaku direktur latihan, bahwa latihan ini dapat berjalan aman dan lancar, sesuai dengan yang telah direncanakan. Adapun pemilihan lokasi latihan pada tahun 2022 ini, yaitu di wilayah kerja lantamal XII Pontianak, didasarkan atas pertimbangan dari sering terjadinya 'kecelakaan di laut di perairan ini yang disebabkan oleh berbagai macam faktor.

“Koarmada I melaksanakan Latihan Pencarian dan Penyelamatan di Laut TA 2022 di Perairan Wilayah Kerja Koarmada I, guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut” Demikian Tema Latihan ini, Demikian tegas Pangkoarmada I.


Selain itu juga Pangkoarmada menyampaikan bahwa tujuan dan sasaran latihan ini dapat tercapai, dengan output yaitu terwujudnya profesionalisme prajurit koarmada I yang sigap dan handal dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan pada kecelakaan dilaut, Hal ini juga merupakan harapan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Pangkoarmada I juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan latihan yakni dalami rencana latihan untuk memahami fungsi dan tugas setiap pelaku guna mencapai keberhasilan latihan, dan laksanakan setiap tahapan latihan dengan penuh kesungguhan untuk mencapai tingkat kesiagaan yang tinggi dalam melaksanakan pencarian dan penyelamatan di laut, serta perhatikan keamanan latihan dengan menepati semua prosedur yang telah ditetapkan, dan tetap mentaati protokol kesehatan covid-19. Kemudian Pertahankan kondisi teknis alat utama agar tetap prima guna mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan setiap serial latihan, serta laksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya agar output nya dapat dijadikan sebagai bekal penugasan di lapangan bilamana dibutuhkan kita sudah siap. Demikian Pungkas Pangkoarmada I.
Selesai upacara dilaksanakan Press Realise oleh Panglima Koarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P, didampingi Danlantamal XII, Laksma TNI Suharto serta perwakilan dari Basarnar Kalbar, PSDKP Kalbar, BNPB Kalbar, Ditpolairud Kalbar.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan dalam rangka Latihan Penyelamatan dan pencarian di Laut TA. 2022 antara lain Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si (Han).,  Para Asisten, Kadis dan Kasatker Jajaran Lantamal XII, serta Dansatud Koarmada I, Kolonel Laut (P) Ma'arif, Asops Pangkoarmada I, Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, S.E., LO Kodam XII/Tpr, Kolonel Mar Sugiharto, Komandan Lanal Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab BA, M.Tr.Hanla., Komandan KRI Kapitan Pattimura-371, Letkol Laut (P) Valentino Pasalbessy, KRI Siribua 859, Mayor Laut (P) Barkah, Kasubdit Patroli Airud Polda Kalbar, AKBP Irfan Prastowo Adi, S.Pd., Kakansar Pontianak, Yopi Haryadi, S.H., M.H., Ka. KSOP Pontianak, diwakilkan Bpk. Eka Ariandi, Ka. PSDKP Pontianak, Abdul Quddus, S.Pt.Pi, M.Pi.

Dispen Lantamal XII, Koarmada I.
Tim


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PANGKOARMADA I PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN DAN APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA LATIHAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN DI LAUT (SAR) KOARMADA I TAHUN 2022.

Trending Now

Iklan