Iklan

KOMANDAN LANTAAL XII LAKSAMANA PERTAMA TNI SUHARTO PIMPIN PAPARAN LATIHAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN DI LAUT KOARMADA I TA. 2022.

mega-berita.com
Jumat, 04 Maret 2022 | 16.42 WIB Last Updated 2022-08-29T13:11:27Z

 


Mega-Berita.com   TNI AL – ,Lantamal XII Pontianak : Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, Jum'at (04/03/2022), pukul 08.30 s.d. 11.45 WIB, mengikuti acara paparan kegiatan Pembukaan Latihan Pencarian dan Penyelamatan di Laut Koarmada I TA. 2022 oleh Kolonel Laut (P) Maarif, S.H., Dansatud Koarmada I selaku Kawasdal, serta Dantim Rescue Basarnas Prov. Kalbar, Bpk. Jumadi, yang dilaksanakan di gedung Malahayati Mako Satrol Lantamal XII. Pelaksanaan latihan dimulai tanggal 4 s.d 14 Maret 2022.

Latihan Pencarian dan Penyelamatan di Laut Koarmada I TA. 2022, dilaksanakan berdasarkan perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, kepada Panglima Koarmada I, dan dilaksanakan di Lantamal XII Pontianak. 


Acara diawali dengan Pembukaan oleh Komandan Lantamal XII, kemudian Paparan Kawasdal latihan, dengan materi, antara lain Urgensi latihan, Tema dan tujuan, Sasaran latihan, Bentuk latihan, Peserta latihan, Struktur organisasi latihan, serta Struktur organisasi pelaku, dan  Jadwal latihan, serta Rencana informasi latihan, kemudian Tugas/produk yang dikumpulkan, dan Aspek penilaian.

Selain itu juga pemberian materi latihan oleh Dantim Resuer Basarnas Prov. Kalbar, yang meliputi Water Rescue, Pedoman keselamatan di air, Kemampuan yang harus dimiliki ketika beraktifitas di air, meliputi kemampuan berenang dan kemampuan menggunakan alat apung, serta mencegah kedaruratan di air, dan kemampuan petugas penyelamat di air serta prinsip pemyelamatan di air.

Kemudian materi Tanggung jawab penyelamat di air, dan Metode pertolongan, Metode menyeret/membawa korban, dan pola pencarian, Pengertian Resusitasi jantung paru (RJP) dan Persiapan untuk RJP, serta urutannya. Kemudian Pemeriksaan tanda vital terhadap korban, serta organisasi operasi SAR.


Dalam kegiatan tersebut dilakukan Penyerahan Cinderamata oleh Danlantamal XII kepada Dantim Rescuer Basarnas Kalbar.  

Hadir dalam Paparan Latihan Pencarian dan Penyelamatan di Laut Koarmada I TA. 2022 antara lain Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro,S.Ap., M.Si.,  Asintel Danlantamal XII Kolonel Marinir Yustinus R., M.Tr. Hanla., Asops Danlantamal XII Letkol Laut (P) Baharudin., S.M., M.H., M.Tr.Hanla., Aspers Danlantamal XII, Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W., S.P.,  Aslog Danlantamal XII, Kolonel Laut (T) M. Subur, S.T., Dansatrol Lantamal XII Kolonel Laut (P) Kariyadi Bangun., Kasatkom Lantamal XII Letkol Laut (E) Ali Murbono, Pabanren Sintel Lantamal XII, Letkol Laut (P) Ahmad Gunawan, A.Md., S.T., dan   dan Tim Latihan Koarmada I, yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Maarif, S.H., Dansatud Koarmada I selaku Kawasdal, serta Dantim Rescue Basarnas Prov. Kalbar, Bpk. Jumadi.


Dispen Lantamal XII, Koarmada I.
Publish : Budi
Editor : Ivan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KOMANDAN LANTAAL XII LAKSAMANA PERTAMA TNI SUHARTO PIMPIN PAPARAN LATIHAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN DI LAUT KOARMADA I TA. 2022.

Trending Now

Iklan