Iklan

DKKB Terbentuk ,Pelaku Seni Bengkayang Siap Bangkit dan Berkarya

mega-berita.com
Minggu, 26 September 2021 | 22.24 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z

 

Dewan Kesenian Kabupaten Bengkayang atau DKKB Soft Launching Kepengurusan sekaligus mendeklarasikan kesenian di aula paroki Santo Pius X Bengkayang Sabtu (25/09/2021) kemarin

Mega-Berita.com   Dewan Kesenian ini akan menjadi wadah bagi insan pelaku seni lokal di Kota Bengkayang atau Bumi Sebalo.

Dalam kegiatan Soft Launching DKKB hadiri Fransiskus,M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang 2019-2024, ,Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dr.I Made Putra Negara,MM mewakili Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dan Camat Bengkayang, termasuk sejumlah pelaku seni di kabupaten Bengkayang.


DKKB di bentuk resmi pada tahun 2021 dan di dirikan Tujuh orang pendiriannya yakni Drs . Hendrikus Clement,Ricky Hamonangan Silalahi, Ardi Djatmiko , Fransiskus Sukardi, Beni Projasa ,Tatang Tarsani dan Irwan Saputra.


Ke tujuh orang pendiri dan mencetus DKKB ini sebagai wujud untuk mendorong peningkatan dan perkembangan Kehidupan kesenian sejalan kebutuhan masyarakat, mendorong dan meningkatkan mutu karya seni,sejalan dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap kesenian saat ini serta Meningkatkan , mengembangkan dan menampung peran serta masyarakat di bidang pembangunan kesenian,kemudian .meningkatkan pembinaan dan mengembangan kesenian sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku seni dan memfasilitasi hak perlindungan hukum terhadap para pelaku seni.


“Kita Patut bersyukur DKKB sudah di Lounching,ini adalah wadah wadah kita untuk membangkitkan kembali para pelaku seni” ungkap Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bengkayang,

Ricky Hamonangan Silalah, Minggu (26/9/2021)


Ricky Hamonangan Silalahi memgungkapkan setelah DKKB terbentuk Pihaknya akan mendata para pelaku seni di kabupaten Bengkayang.


“ nanti langkah pertama untuk mendata para seniman ,kami akan menyebarkan lembaran form ke seluruh kecamatan dan ini adalah bentuk komitmen DKKB supaya kedepan Pelaku seni tetap bangkit bersatu kembali,kita timbulkan lagi event Seperti Festival budaya bumi sebalo” Jelasnya


Menurutnya Event festival budaya bumi sebalo adalah satu kegiatan yang sangat besar memberikan dampak positif menyatukan seluruh seniman yang menyebar di 17 kecamatan yang ada di kabupaten Bengkayang.


“ Event Festival budaya Bumi sebalo mewadah untuk mengumpulkan para seniman dan menyatukan kebersamaan untuk bertukar pendapat ,seluruh pelaku seni dapat menyampaikan seluruh ide kreatif nya,” kata Ricky Hamonangan Silalahi pensiunan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ini.


Ia juga berharap kedepan pelaku seni kabupaten Bengkayang terus bangkit berkarya.


“ melalui DKKB ini ,upaya kami untuk membangkitkan kembali para pelaku seni ,Dewan Kesenian Bengkayang akan membuka pelatihan khusus,melalu lima dewan komite kesenian di masing masing bidangnya seperti komite tari,musik,seni rupa dan Kesenian lainnya,” terang Pria yang menjabat Ketua ISSI Kabupaten Bengkayang ini


Sementara itu Ketua DPRD kabupaten Bengkayang yang sekaligus sebagai pembina dewan kesenian kabupaten Bengkayang , Fransiskus mengapresiasi dan mendukung penuh upaya DKKB tersebut.


“ yang pertama saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada DKKB yang sudah di soft Lounching secara resmi, ” Ucap Ketua Dprd kabupaten Bengkayang, Fransiskus


Menurut Fransiskus, pemerintah daerah kedepan Harus memberi dukungan penuh dan perhatian khusus kepada Pelaku seni melalui Dewan Kesenian Bengkayang.


“ Pelaku seni Bengkayang harus di dukung penuh oleh pemerintah daerah,karena pelaku seni bagian dari untuk mendorong pembangunan daerah lebih baik kedepan,” ungkap Fransiskus


Ketua DPC Partai Gerindra ini berharap setelah soft Lounching dewan kesenian kabupaten segera mengali terus seluruh potensi pelaku seni Secara maksimal.


“ Saya berharap DKKB mengali terus potensi seni yang ada di kabupaten Bengkayang untuk di wadahi secara baik,” pungkasnya.


Editor:Akbar.

Terbitkan:Budi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DKKB Terbentuk ,Pelaku Seni Bengkayang Siap Bangkit dan Berkarya

Trending Now

Iklan